14 Februari, itulah tanggal yang sepertinya sangat istimewa bagi sebagian orang yang percaya bahwa tanggal itu adalah hari valentine yang menjadi waktu untuk berkasih saying. Tetapi perlu diingat bahwa sampai saat ini tidak ada bukti sejarah, apa sebenarnya yang menjadi dasar ditentukannya tanggal 14 februari sebagai hari kasih sayang.

Banyak orang yang bilang bahwa pada tanggal 14 Februari adalah hari digantungnya santa valentine oleh penguasa dijamannya karena mempertahankan cintanya. Namun hal tersebut dibantah mentah-mentah oleh salah seorang uskup di Jakarta, dia mengatakan bahwa cerita itu tidak ada hubungannya dengan hari kasih sayang, dan dalam ajaran agamanya tidak ada yang disebut hari kasih sayang. artinya, jika selama ini banyak pemuka agama islam yang menghukumi valentine dengan kata tasabuh (menyerupai agama lain) adalah kurang tepat. Lalu bagaimana islam memandang kasih sayang dan hari kasih sayang.

Kasih sayang dalam islam tentu saja hukumnya wajib, oleh sebab itu dalam islam dikenal silaturahmi atau silaturahim yang artinya hubungan atau tali kasih sayang. Silaturahmi hukumnya wajib, dan barang siapa memutuskan tali silaturahmi maka ia mendapat dosa, dan jika terjadi perselisihan antara umat islam, maka hitungannya tidak boleh lebih dari 3 hari. Artinya setiap hari bagi umat islam adalah hari kasih sayang, bukan hanya 14 februari saja.

Lalu bagaimana jika ada umat islam yang merayakan hari kasih sayang ? Saya berpendapat hal itu adalah hal yang sia-sia (mubadzir)dan tidak ada artinya. Bahkan naudzubillah, ada segolongan orang yang berpendapat bahwa hari kasih sayang adalah hari penyerahan jiwa dan raga kepada pasangannya, yang tidak jarang dirayakan dengan hubungan sex diluar nikah, dalam kondisi seperti ini saya yakin hukumnya merayakan hari kasih sayang bukan lagi mubadzir melainkan menjadi haram . Apakah sudah sekotor dan sehancur itu pola pikir pemuda-pemudi Indonesia ?. jika kondisinya begitu, sepertinya tidak terlalu salah jika kita mengatakan bahwa hari kasih sayang adalah sama dengan hari kekejaman, berapa banyak lagi generasi muda bangsa yang akan menjadi korban dari hari kasih sayang.

dimasyarakat sunda saja dikenal bahwa bulan safar adalah bulannya kawin anjing, dan orang sunda biasanya tidak mau disamakan menikah dibulan safar, karena enggan disamakan dengan anjing. Dari beberapa sumber, dikatakan bahwa di benua eropa ternyata pertengahan bulan februari menjadi waktu bagi unggas untuk mencari pasangan, dan kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebab ditentukannya tanggal 14 februari sebagai hari kasih sayang. apakah kita sebagai manusia mau disamakan dengan unggas ?