Sebuah pepatah sederhana yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak terlalu berarti. tetapi cermatilah lebih jauh, maka kita akan menemukan makna yang dalam pada pepatah ini. pepatah ini mengajarkan kita untuk menghargai arti sebuah proses, pepatah ini mengajarkan kita untuk tidak menjadi manusia yang instan.

Filosofinya sangat sederhana, kita ambil contoh kecil : tidak akan ada hamparan pantai, tanpa dimulai dari sebutir pasir. tidak akan ada gedung bertingkat, tanpa sebongkah batu pondasi. dan tidak akan ada uang 1 milyar, tanpa ada selembar uang recehan.

Tapi belakangan ini kita digiring untuk menjadi manusia yang instan, jika perlu kita bisa jadi orang kaya dalam waktu 1 hari. media masa menjadi salah satu tertuduh dalam hal ini, dengan menayangkan sinetron-sinetron irasional, seperti tayangan eksekutif muda berdasi, bermobil mewah, yang sudah memimpin perusahaan besar diusianya yang baru 20an. padahal jika kita lihat biografi orang-orang sukses di Indonesia, hampir semua dari mereka menempuhnya dengan cucuran keringat dan deraian air mata.

Adri Subono, rajanya event organizer pernah menawarkan acaranya dengan brosur murahan di mall-mall. Aa Gym pernah menjadi pedagang keliling sebelum menjadi ulama kondang. Ustadz Yusup Mansyur pernah menjadi tukang es keliling. Presiden SBY berangka kesekolah dengan berjalan kiloan meter.

perlu difahami, sesuatu yang kita raih dengan instan, maka akan lepas dari tangan kita dengan instan pula. lihat saja para peserta konter Akademi Fantasi indosiar (AFI), berapa orang dari mereka yang masih eksis sampai saat ini ? dapat dikatakan tidak ada. berapa orang dari peserta kontes Indonesian Idol (II) yang masih eksis sampai saat ini ? dapat dikatakan mereka hanya tampil diacara yang diselenggarakan oleh mereka juga ?. Tapi lihat Koes Plus, walaupun band ini sudah tidak utuh lagi, lagu-lagu mereka masih banyak dilagukan orang. lihat almarhum crihsye, yang tetap eksis sampai Alloh mencabut nyawanya di usia 57 tahun.

Untuk itu, MARI KITA MENGHARGAI PROSES HIDUP INI DENGAN IKHTIAR YANG OPTIMAL….. KITA BISA !!!