Merasa gugup sebelum tampil didepan umum adalah hal yang wajar, justru itu menandakan bahwa anda sehat wal afiat, karena normalnya setiap orang selalu ada rasa gugup sebelum berbicara didepan umum, walaupun dengan intensitas yang berbeda.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, untuk mengontrol rasa gugup dan menjadikan presentasi anda lebih berkesan.

  1. Kenali tempat dimana anda berbicara, datanglah lebih pagi untuk lebih familier dengan tempat itu. Anda dapat juga berkeliling ke setiap sudut ruangan sambil mencoba perangkat sound system.
  2. Kenali audience anda, jika mungkin hapalkan beberapa nama audience, ini akan lebih memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan semua audience
  3. Kuasai bahan, karena jika anda tidak menguasai bahan, akan membuat anda semakin gugup, dan tentu saja kata-kata yang keluar dari mulut anda semakin sulit dikontrol.
  4. Relax, Sebelum mulai, lakukanlah hal-hal yang akan membuat anda lebih tenang, tapi tentu saja hal-hal yang wajar. Jangan sampai apa yang anda lakukan, malah memperlihatkan bahwa anda sedang gugup.
  5. Tambah terus jam terbang anda, hal inilah yang paling penting, karena public speaking bukanlah suatu hal yang bisa diajarkan secara instan, tetapi bisa distimulasi dengan pengalaman. Jangan pernah menolak kesempatan, lakukan! dan percayalah bahwa anda juga bisa.

Selamat mencoba.